Kamis, 25 Januari 2024

school leadership gathering


Kepala Madrasah merupakan salah satu elemen penting bagi kemajuan Madrasah. Dalam perannya seorang kepala Madrasah menjalankan fungsi baik sebagai pendidik, pemimpin, pengelola, administrator, maupun sebagai supervisor. Sedangkan fungsi dari kepala madrasah adalah pendidik, pemimpin, pengelola, administrator, wirausahawan, pencipta iklim kerja dan supervisor. Pada tataran operasional tugas pokok kepala madrasah mencakup kegiatan menggali dan mendayagunakan seluruh sumber daya madrasah secara terpadu dalam kerangka pencapaian tujuan madrasah secara efektif dan efisien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik kepala madrasah sebagai leader yang relevan untuk kondisi di lapangan. Kantor kementerian Agama Kabupaten Situbondo melaksansanakan pelatihan school leadership gatherning bertempat di aula kemenag Situbondo. Cara menentukan informan penelitian berdasarkan karakteristik wilayah binaan pengawas madrasah yaitu perkotaan dan pedesaan. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kepala madrasah sebagai leader harus mampu berperan sebagai (a) entrepreneur, (b) teladan dalam kepemimpinan pembelajaran (supervisor), (c) memiliki visi yang jelas; (d) mampu memotivasi warga sekolah untuk memajukan sekolah; (d) mampu membuat keputusan dengan tepat; dan (e) mampu mengembangkan budaya madrasah sesuai dengan perkembangan lingkungannya.










 

ma misykatul ulum

VISI

Terwujudnya Peserta Didik yang Religius, Cakap, Mandiri, Luhur Pekerti dan Unggul Prestasi

MISI

1. Menumbuh kembangkan pemahaman, penghayatan, pengamalan agama dan semangat religius yang akan menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak

2. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kreatif

3. Meningkatkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif melalaui inovasi / pembaruan yang mengggunakan multi media

4. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada siswa, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat dan bernalar sehat

5. Membentuk tim KPIR (Kelompok Penelitian Ilmiah Remaja)yang tangguh, inovatif dan kreatif

6. Membudayakan kehidupan yang Asah Asih Asuh (3A)

7. Membentuk lingkingan yang ASRI (Aman, Sejuk, Rapi dan Indah)

0 comments:

Posting Komentar