Senin, 08 Desember 2025

DESKRPSI PENILAIAN PANCA CINTA DAN 8 DIMENSI PROFIL LULUSAN (DPL) KOKURIKULER



Deskripsi Penilaian 8 Dimensi Profil Kelulusan Kokurikuler yang dapat digunakan dalam pengisiran Rapor Digital Madrasah (RDM) 2025 :


Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan YME

Deskripsi Penilaian:

Membiasakanpesertadidikmenjalankanajaranagama/kepercayaannyasecarakonsistensesuai usia dan tingkat pemahaman.

DeskripsiPenilaian:

MenumbuhkanakhlakmuliadalamhubungandenganTuhan,sesamamanusia,danlingkungan

DeskripsiPenilaian:

Menguatkan kemampuan peserta didik dalam membedakan nilaibaik–buruksertamengambil keputusan sesuai prinsip keimanan dan ketakwaan.

DeskripsiPenilaian:

Membentukkarakterreligiusyangtercermindariperilakujujur,disiplin,amanah,dan menjauhi perbuatan tercela.


Kewargaan

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkanrasabanggaterhadapidentitas,budaya,dannilai-nilaikebangsaanIndonesia.

DeskripsiPenilaian:

Membiasakan pesertadidikmenghargaikeberagamansuku,agama,bahasa,danbudayadalam kehidupan sosial.

DeskripsiPenilaian:

Mengembangkan sikap patuh terhadap aturan, etikabermasyarakat,danperaturan perundang-undangan.

DeskripsiPenilaian:

Memotivasipesertadidikuntukmenjagakelestarianlingkungansertaberkontribusibagiharmoni dan persatuan bangsa.


PenalaranKritis

DeskripsiPenilaian:

Mengembangkankemampuanberpikirlogis,analitis,dansistematisdalammemahami informasi.

DeskripsiPenilaian:

Melatih peserta didik untuk mengidentifikasi masalah, menganalisispenyebab,dan menemukan alternatif solusi.

DeskripsiPenilaian:

Mendorongpenggunaanliterasidannumerasidalampengambilankeputusanyangtepat.

DeskripsiPenilaian:

Membiasakanpesertadidikberargumentasidenganalasanyanglogis,evidence-based, dan etis.


Kreativitas

DeskripsiPenilaian:

Mengembangkankemampuanmenghasilkangagasanbarusecaraorisinaldanbermakna.

DeskripsiPenilaian:

Mendorongpesertadidikmenciptakankaryaatausolusiinovatifdalamberbagaikonteks pembelajaran.

DeskripsiPenilaian:

Melatihpesertadidikmemodifikasi,memperbaiki,ataumeningkatkan ide untuk kebutuhan yang lebih baik.

DeskripsiPenilaian:

Membiasakanpesertadidikbersikapproduktif,optimis,dantidaktakutmencobahal-halbaru.



Kolaborasi

DeskripsiPenilaian:


Melatihpesertadidikbekerjasamasecaraefektifdengantemansebayamaupunpihaklain.

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkan kepedulian, empati, dan sikap berbagi dalam kegiatan belajar dan kehidupan sosial.

DeskripsiPenilaian:

Mengembangkankemampuanmengelolaperan,tanggungjawab,dankontribusidalamtim.

DeskripsiPenilaian:

Membiasakanpesertadidikmenyelesaikankonfliksecaradamaidanmenghargaipendapat orang lain.


Kemandirian

DeskripsiPenilaian:

Membiasakan peserta didik bertanggung jawab terhadap tugas,tindakan,dankeputusanyang diambil.

DeskripsiPenilaian:

Mendorongpesertadidikberanimengambilinisiatifdalampembelajarandanaktivitas sehari-hari.

DeskripsiPenilaian:

Mengembangkankemampuanadaptasiterhadapperubahan,tantangan,dansituasibaru.

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkanmotivasidiri(self-motivation)untukbelajardanmeningkatkankualitasdiri secara berkelanjutan.


Kesehatan

DeskripsiPenilaian:

Membentukkebiasaanhidupbersih,sehat,danmenjagakebugaranfisiksesuaitahap perkembangan usia.

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkankesadaranpesertadidiktentangpentingnyakesehatanmental,emosi,dan keseimbangan diri.

DeskripsiPenilaian:

Mendorongpesertadidikmengenalirisikoyangmembahayakandirisertamenghindari perilaku merugikan.

DeskripsiPenilaian:

Mengajak peserta didik berpartisipasi menjaga lingkungan sehat dan mendukung pola hidupsehat di masyarakat.


Komunikasi

DeskripsiPenilaian:

Mengembangkankemampuanmenyimak,membaca,berbicara,danmenulissecaraefektif.

DeskripsiPenilaian:

Membiasakanpesertadidikberkomunikasisesuaietika,sopansantun,dankebenaranbahasa.

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkan kemampuan menyampaikan gagasandenganjelasdalamberbagaikonteksdan media (lisan, tulisan, digital).

DeskripsiPenilaian:

Melatih kemampuan memahami pesan orang lain, merespons dengantepat,danmembangun komunikasi dua arah yang sehat










DeskripsiPenilaianTopikPancaCintaKokurikuleryangdapatdi gunakandalampengisiranRaporDigitalMadrasah(RDM)2025:


CintaAllahSwt.danRasul-Nya


DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkan pemahaman mengenai sifat Allah yang Maha Cinta serta Rasulullah sebagai sosok teladan penuh cinta.

DeskripsiPenilaian:

Mengenal sifat jamaliyah (keindahan) dan jalaliyah (ketegasan) Allah secara lebih seimbang, sehingga citra Allah yang selama ini digambarkan maha penghukumakandigantikanolehcitra yang lebih tepat.

DeskripsiPenilaian:

Memahami bahwa welas asih (rahmah) Allah lebih dominan daripada murka (ghadhab) Nya, sehingga akan tumbuhrasacinta(bukanpaksaan)dalamberibadahkepadaAllah,menjalankan sunah Rasulullah serta berkhidmat kepada manusia lain dan lingkungan.

CintaIlmu

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkan pemahaman bahwa dengan ilmu, manusia mampu membukakan tabir keagungan penciptaan, hikmah di balik setiap syariat. Melalui pemahaman yang mendalam tentang alam semesta,sejarah,danajaranagama,kitaakanmerasakangetarancintaIlahiyang universal.


CintaLingkungan

DeskripsiPenilaian:

MemahamialamsemestasebagaimanifestasicintadankebesaranAllahsehinggatumbuh sikap hormat dan kasih sayang terhadap lingkungan.

DeskripsiPenilaian:

Membangun relasi yang tidaktransaksionaldenganalam,tetapidilandasicintadankepedulian sebagaimana terhadap diri sendiri.

DeskripsiPenilaian:

MenghayatisunatullahsebagaisistemkeseimbanganciptaanAllahyangperludijagadan dihormati demi keberlanjutan kehidupan.


CintaDiridanSesamaManusia

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkan pemahaman bahwa diri adalah manifestasi (tajalli) dari cinta Allah, sehingga murid mampu mengenal Allah melalui pengenalan diri. Hal ini akan mendorong murid untuk bersyukur dan merawat potensi dirinya sebagai karunia Ilahi.

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkan sikap syukur pada diri melalui penerapan self- compassion, yaitu mengembangkan welas asih terhadap diri sendiri dengan memenuhi hak-hak dasar fisik,emosi, dan spiritual secara seimbang, sehingga murid dapat menjadi individu yang utuh dan berdaya.

DeskripsiPenilaian:

Menguasai keterampilan Social Emotional Skill (SES) untuk menjadi pengendali emosi yang efektif, bukan sebaliknya, sehingga murid memiliki kesejahteraan mental (mental health)yang baik dan seimbang, serta mampu menghadapi tantangan hidup dengan positif.

DeskripsiPenilaian:

Memahami hakikat kesatuanmanusiasebagaisatukesatuanyangsetaradansalingterhubung, sehingga murid akan menyadari bahwa mencintai dan menghargaioranglainadalahcerminan dari menghargai dan mencintai diri sendiri.

DeskripsiPenilaian:

Memahami keragaman sebagai bagian dari sunatullah dan fitrah kehidupan, sehingga murid dapat menerima perbedaan sebagai kekayaan, bukan hambatan.

DeskripsiPenilaian:

Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan kemanusiaan, seperti tasamuh (toleransi), tawasuth (moderat), syura (musyawarah), dan lainnya dalam interaksi sosial, sehingga murid dapat membangun hubungan yang harmonis dan penuh kedamaian ditengah masyarakat.


CintaTanahAir

DeskripsiPenilaian:

Menumbuhkansemangatcintatanahairsebagaibagiandariiman


DOWNLOAD

ma misykatul ulum

VISI

Terwujudnya Peserta Didik yang Religius, Cakap, Mandiri, Luhur Pekerti dan Unggul Prestasi

MISI

1. Menumbuh kembangkan pemahaman, penghayatan, pengamalan agama dan semangat religius yang akan menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak

2. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kreatif

3. Meningkatkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif melalaui inovasi / pembaruan yang mengggunakan multi media

4. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada siswa, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat dan bernalar sehat

5. Membentuk tim KPIR (Kelompok Penelitian Ilmiah Remaja)yang tangguh, inovatif dan kreatif

6. Membudayakan kehidupan yang Asah Asih Asuh (3A)

7. Membentuk lingkingan yang ASRI (Aman, Sejuk, Rapi dan Indah)

0 comments:

Posting Komentar