A. Visi Madrasah
“Terwujudnya siswa Religius, Cakap, Mandiri, Luhur Pekerti, dan Unggul Prestasi”
Indikator visi:
l Terbentuknya siswa Religius
Terwujudnya akhlak mulia, keimanan
dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa berlomba-lomba dalam kebaikan.
Program:
· Melaksanakan salat dhuha berjama’ah dan istighosah
setiap hari Senin sampai Sabtu;
·
Membaca dan menghafal tahlil dan do’anyasetiapselesai
sholat Dhuhur berjama’ah;
·
Melaksanakan
kegiatan Istighasah di hari Jum’at;
·
Rutin mengikuti kegiatan peringatan haribesar Islam (Tahun Baru Islam, Maulid Nabi, Isra’Mi’raj, dan lain-lain)
Berakh lakulmu lia:
• Siswa berbicara dan berperilaku sopan pada
orang lain
• Siswa Berbakti pada orangtua dan guru
• Siswa berperilaku jujur dan amanah
Program:
• Pembiasaan pemberian
pesan
moral kepada siswa setiap pembelajaran
• Pembiasaan 6S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Silaturrohim)
dalam menyambut kehadiran siswa dipintu gerbang dengan sistempiket guru
setiap pagi.
• Pembiasaan mengisi absen kehadiran sesuai jam kehadiran di
kelas
masing-masing.
Disiplin Peserta didik dapat:
• Melaksanakan dan mentaati tatatertib madrasah
·
Menjaga
lingkungan madrasah
·
Membuang
sampah pada tempatnya
• Menggunakan dan merawat media pembelajaran dan peralatan madrasah
dengan baik.
Program:
•
Menentukan jadwal seragam guru dan siswa setiap hari;
•
Menentukan jadwal kegiatan masuk, istirahat, dan
pulang;
•
Melaksanakan kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan Hari Besar Nasional;
•
Melaksanakan jadwal piket kelas;
•
Melaksanakan kegiatan
pekan
kebersihan setiap
hari Jum’at
•
Melaksanakan kegiatan pembiasaan (religi, literasi, dan adiwiyata) dengan tertib;
•
Mengembalikan
media dan
alat pembelajaran sesuai tempatnya;
•
Menggunakan media dan
peralatan madrasah sesuai kebutuhan.
•
Penggunaan sarana madrasah
sesuai
dengan tata
tertib yang
ditentukan.
•
Merawat dan memelihara sarana dan prasarana madrasah dengan
baik.
l Cakap
Terwujudnya
proses pembelajaran berpusat pada siswa yang memampukan siswa kreatif.
Terselenggaranya proses pembelajaran yang diselenggarakan secara kreatif yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK) yang inovasi untuk
memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.
Program:
·
Penggunaan IT dalam pembelajaran
·
Menggunakan CBT dalam pelaksanaan Ujian (UTS, PAS, PAT)
l Mandiri
Terwujudnya proses pembelajaran
dengan menghasilkan kemandirian peserta didik yang kreatif dan inovatif sesuai tuntutan zaman.
Program :
· Melaksanakan kegiatan Businnes Class
· Melaksanakan pembelajaran kewirausahaan
l Luhur Budi Pekerti
Terwujudnya lulusan yang
berakhlakul karimah
prestatif, berbekal skill yang
dimiliki sehingga
Terwujudlah lulusan yang mampu bersaing dalam eranya dengan tidak mengabaikan
Nilai-nilai luhur Budi Pekerti yang Islami dan bermanfaat bagi sesamanya.
Program:
•
Bimbingan siswa tentang
Akhlakul karimah dalam era digital.
•
Mengetrapkan
aturan pada siswa tentang etika dalam menggunakan Sosial Media.
•
Implementasi Sikap dan Prilaku
Akhlakul karimah setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.
•
Memberikan
riward pada siswa yang mampu meneladani budi pekerti yang luhur.
l Unggul Prestasi
Terbentuknya
siswa madrasah yang memiliki Keunggulan dalam berbagai bidang baik Keagamaan,
Ketrampilan, maupun Teknologi.
Program:
•
Bimbingan siswa berprestasi bidang sains, Mtkterintegrasi agama dalam kelas olimpiade (sesuai jadwal) setelah
pembelajaran;
•
Bimbingan siswa berbakat bidang olahraga dan seni;
•
Bimbingan literasi siswa setiap hari dan dimaksimalkan pada hari Sabtu;
·
Bimbingan
KIR
•
Melaksanakan Proyek Profil Pelajar Pancasila Rahmatan
Lil Alamin.
·
Indikator
Visi MA Misykatul Ulum yang berhubungan dengan karakter P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) dapat dirumuskan
sebagai berikut:
1.
Meningkatnya
kesadaran dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila.
2.
Terbentuknya
sikap dan perilaku siswa yang mencerminkan ajaran Rahmatan Lil Alamin.
3.
Terjalinnya
kerjasama yang harmonis antara siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam
membangun karakter P5 dan P2RA.
4.
Menjadi
sekolah rujukan dalam penerapan karakter P5 dan P2RA
B.
Misi
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi berupa kegiatan
jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang
dirumuskan berdasarkan visi tersebut:
Ø Menumbuh kembangkan pemahaman
penghayatan, pengamalan, dan semangat religius yang akan menjadi sumber
kearifan dalam berfikir dan bertindak.
Ø Mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam berfikir logis, kreatif.
Ø Menininkatkan pembelejaran
dan bimbingan serta efektif melalui inovasi/pembaharuan yang menggunakan multi
media..
Ø Menumbuhkembangkan semangat
keunggulan secara intensif kepada siswa, guru dan karyawan sehingga
berkemampuan kuat dan bernalar sehat.
Ø Membentuk tim KPIR (Kelompok
Penelitian Ilmiah Remaja) dan KIR yang tangguh, inovatif dan kreatif
Ø Membudayakan kehidupan yang
asah, asih, asuh (3A)
Ø Membentuk Lingkungan Madrasah
yang ASRI (Aman, Sejuk, Rapi Dan Indah).
Ø
Indikator Misi
MA Misykatul Ulum yang
berhubungan dengan karakter P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan
P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.
Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang
mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin dalam
setiap mata pelajaran.
2.
Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan program
pengembangan diri yang membantu siswa memahami dan menerapkan karakter P5 dan
P2RA.
3.
Melakukan evaluasi rutin terhadap proses
pembelajaran dan pengembangan karakter P5 dan P2RA.
4.
Melibatkan aktif partisipasi siswa, guru, orang
tua, dan masyarakat dalam program-program P5 dan P2RA.
5.
Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung
penerapan karakter P5 dan P2RA, seperti perpustakaan dengan koleksi buku yang
berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin.
6.
Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan siswa
dalam melayani masyarakat dan menjalankan ajaran Rahmatan Lil Alamin.
7.
Meningkatkan kerjasama dengan institusi dan
organisasi terkait untuk mengembangkan dan mempromosikan karakter P5 dan P2RA.
8.
Melakukan pelatihan dan pembinaan bagi guru agar
dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin
dengan efektif dalam pembelajaran.
9.
Membuat laporan rutin mengenai perkembangan dan
pencapaian program P5 dan P2RA kepada pihak-pihak terkait.
0 comments:
Posting Komentar