Minggu, 11 Oktober 2009

VISI DAN MISI

 A.     Visi  Madrasah

“Terwujudnya siswa Religius, Cakap, Mandiri, Luhur Pekerti, dan Unggul Prestasi

 

Indikator visi:

l  Terbentuknya siswa Religius

              Terwujudnya akhlak mulia, keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa berlomba-lomba dalam kebaikan.

Program:

·      Melaksanakan salat dhuha berjamaah dan istighosah setiap hari Senin sampai Sabtu;

·      Membaca dan menghafal tahlil dan do’anyasetiapselesai sholat Dhuhur  berjama’ah;

·      Melaksanakan kegiatan Istighasah di hari Jum’at;

·      Rutin mengikuti kegiatan peringatan haribesar Islam (Tahun Baru Islam, Maulid Nabi, Isra’Miraj, dan lain-lain)

Berakh lakulmu lia:

•   Siswa berbicara dan berperilaku sopan pada orang lain

•   Siswa Berbakti pada orangtua dan guru

•   Siswa berperilaku jujur dan amanah

Program:

•  Pembiasaan pemberian pesan moral kepada siswa setiap pembelajaran

    Pembiasaan 6S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Silaturrohim) dalam menyambut kehadiran siswa dipintu gerbang dengan sistempiket guru setiap pagi.

    Pembiasaan mengisi absen kehadiran sesuai  jam  kehadiran di kelas masing-masing.

Disiplin Peserta didik dapat:

•   Melaksanakan dan mentaati tatatertib madrasah

·           Menjaga lingkungan madrasah

·           Membuang sampah pada tempatnya

     Menggunakan dan merawat media pembelajaran dan peralatan madrasah dengan baik.

Program:

         Menentukan jadwal seragam guru dan siswa setiap hari;

         Menentukan jadwal kegiatan masuk, istirahat, dan pulang;

         Melaksanakan kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan Hari Besar Nasional;

         Melaksanakan jadwal piket kelas;

         Melaksanakan kegiatan pekan kebersihan setiap hari Jum’at

         Melaksanakan kegiatan pembiasaan (religi, literasi, dan adiwiyata) dengan tertib;

         Mengembalikan media dan alat pembelajaran sesuai tempatnya;

         Menggunakan media dan peralatan madrasah sesuai kebutuhan.

         Penggunaan sarana madrasah sesuai dengan tata tertib yang   ditentukan.

         Merawat dan memelihara sarana dan prasarana madrasah dengan baik.

l  Cakap

Terwujudnya proses pembelajaran berpusat pada siswa yang memampukan siswa kreatif. Terselenggaranya proses pembelajaran yang diselenggarakan secara kreatif yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang inovasi  untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Program:

·         Penggunaan IT dalam pembelajaran

·         Menggunakan CBT dalam pelaksanaan Ujian (UTS, PAS, PAT)


l  Mandiri

Terwujudnya proses pembelajaran dengan menghasilkan kemandirian peserta didik yang kreatif dan inovatif sesuai tuntutan zaman.

Program :

·  Melaksanakan kegiatan Businnes Class

·  Melaksanakan pembelajaran kewirausahaan

l  Luhur Budi Pekerti

Terwujudnya lulusan yang berakhlakul karimah prestatif, berbekal skill yang dimiliki sehingga Terwujudlah lulusan yang mampu bersaing dalam eranya dengan tidak mengabaikan Nilai-nilai luhur Budi Pekerti yang Islami dan bermanfaat bagi sesamanya.

Program:

         Bimbingan siswa tentang Akhlakul karimah dalam era digital.

         Mengetrapkan aturan pada siswa tentang etika dalam menggunakan Sosial Media.

         Implementasi Sikap dan Prilaku Akhlakul karimah setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.

         Memberikan riward pada siswa yang mampu meneladani budi pekerti yang luhur.

l  Unggul Prestasi

Terbentuknya siswa madrasah yang memiliki Keunggulan dalam berbagai bidang baik Keagamaan, Ketrampilan, maupun Teknologi.

Program:

         Bimbingan siswa berprestasi bidang sains, Mtkterintegrasi agama dalam kelas olimpiade (sesuai jadwal) setelah pembelajaran;

         Bimbingan siswa berbakat bidang olahraga dan seni;

         Bimbingan literasi siswa setiap hari dan dimaksimalkan pada hari Sabtu;

·         Bimbingan KIR

         Melaksanakan Proyek Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin.

·      Indikator Visi  MA Misykatul Ulum yang berhubungan dengan karakter P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.    Meningkatnya kesadaran dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila.

2.    Terbentuknya sikap dan perilaku siswa yang mencerminkan ajaran Rahmatan Lil Alamin.

3.    Terjalinnya kerjasama yang harmonis antara siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membangun karakter P5 dan P2RA.

4.    Menjadi sekolah rujukan dalam penerapan karakter P5 dan P2RA

B.            Misi

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut:

Ø  Menumbuh kembangkan pemahaman penghayatan, pengamalan, dan semangat religius yang akan menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak.

Ø  Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kreatif.

Ø  Menininkatkan pembelejaran dan bimbingan serta efektif melalui inovasi/pembaharuan yang menggunakan multi media..

Ø  Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada siswa, guru dan karyawan sehingga berkemampuan kuat dan bernalar sehat.

Ø  Membentuk tim KPIR (Kelompok Penelitian Ilmiah Remaja) dan KIR yang tangguh, inovatif dan kreatif

Ø  Membudayakan kehidupan yang asah, asih, asuh (3A)

Ø  Membentuk Lingkungan Madrasah yang ASRI (Aman, Sejuk, Rapi Dan Indah).

Ø  Indikator Misi  MA Misykatul Ulum  yang berhubungan dengan karakter P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.      Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin dalam setiap mata pelajaran.

2.      Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan diri yang membantu siswa memahami dan menerapkan karakter P5 dan P2RA.

3.      Melakukan evaluasi rutin terhadap proses pembelajaran dan pengembangan karakter P5 dan P2RA.

4.      Melibatkan aktif partisipasi siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam program-program P5 dan P2RA.

5.      Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung penerapan karakter P5 dan P2RA, seperti perpustakaan dengan koleksi buku yang berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin.

6.      Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan siswa dalam melayani masyarakat dan menjalankan ajaran Rahmatan Lil Alamin.

7.      Meningkatkan kerjasama dengan institusi dan organisasi terkait untuk mengembangkan dan mempromosikan karakter P5 dan P2RA.

8.      Melakukan pelatihan dan pembinaan bagi guru agar dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin dengan efektif dalam pembelajaran.

9.      Membuat laporan rutin mengenai perkembangan dan pencapaian program P5 dan P2RA kepada pihak-pihak terkait.

Mendorong siswa untuk menjadi contoh teladan dalam menerapkan karakter P5 dan P2RA di dalam maupun di luar lingkungan madrasah

ma misykatul ulum

VISI

Terwujudnya Peserta Didik yang Religius, Cakap, Mandiri, Luhur Pekerti dan Unggul Prestasi

MISI

1. Menumbuh kembangkan pemahaman, penghayatan, pengamalan agama dan semangat religius yang akan menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak

2. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kreatif

3. Meningkatkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif melalaui inovasi / pembaruan yang mengggunakan multi media

4. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada siswa, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat dan bernalar sehat

5. Membentuk tim KPIR (Kelompok Penelitian Ilmiah Remaja)yang tangguh, inovatif dan kreatif

6. Membudayakan kehidupan yang Asah Asih Asuh (3A)

7. Membentuk lingkingan yang ASRI (Aman, Sejuk, Rapi dan Indah)

0 comments:

Posting Komentar